Wednesday, September 28, 2011

Tingakatan pada Kognitif

Dear : Hiu
Mata ngantug aku sempetin buat me-review kuliah tadi sore..
Kuliah metodologi pembelajaran yang diisi oleh Bpk. Dr. Sunaryo Soenarto, M.Pd.ini membahas tingkatan pada kognitif.

Benjamin S. Bloom (1956) mengemukakan pendapatnya mengenai hal ini.
Tingkatan tersebut adalah sebgai berikut:
  1. Knowledge: Perilaku yang menekankan pada aspek ingatan (memory), dengan kata lain bisa dikatakan hafalan atau pengetahuan.
  2. Pemahaman: Perilaku menterjemahkan, menafsirkan, menyimpulkan, mengeksplorasi konsep dengan menggunakan kata-kata atau simbol lain.
  3. Penerapan: Perilaku yang menekankan konsep atau ide dengan prinsip atau teori dan prosedur atau metode yang telah dipahami siswa untuk menyelesaikan permasalahan.
  4. Analisis: Perilaku yang menguraikan atau menjabarkan konsep menjadi bagian-bagian yang lebih rinci dan menjelaskan keterkaitan atau hubungan antar bagian-bagian tersebut.
  5. Sintesis: Kemampuan bagian-bagian secara integrasi menjadi suatu bentuk tertentu yang semula belum ada atau belum diketahui.
  6. Evaluasi: Membuat penilaian tentang karakteristik atau nilai untuk maksud atau tujuan tertentu.
Namun pendapat S. Bloom direvisi oleh Anderson dan Krathwohl (2001) yang pemahamanya tidak jauh berbeda, hanya sedikit perubahan dan dengan menambahkan unsur "Kratifitas (create)" pada point terakhir.


Dear : Hiu
Kreatifitas yang dimaksud itu apa ya??


To be continued...
 
;